About Us

Tentang APP-MI (Arsip Puisi Penyair Madura (se)-Indonesia)

APP-MI merupakan pusat dokumentasi (arsip) puisi-puisi karya para penyair kelahiran pulau Madura. Pada mulanya (dan mula-mula masih berupa blog), APP-MI bernama Penyair Muda Madura. Kamudian seiring berjalannya waktu dan masukan dari rekan-rekan penyair muda serta nasehat dari para sepuh penyiar kelahiran Madura, nama Penyiar Muda Madura berubah menjadi Arsip Sastra Penyair Madura se-Indonesia. Akan tetapi, admin sekaligus pumula dari website ini, memutuskan untuk membuat nama yang labih fokus yaitu, APP-MI (Arsip Puisi Penyair Madura (se)-Indonesia).

APP-MI dalam usianya yang masih seumur jagung ini, tidak sepenuhnya memenuhi syarat untuk disebut sebagai sebuah lembaga arsip. Namun di ranah pendokumentasian, APP-MI ini menjadi sangat penting dan baik untuk dikembangkan. APP-MI ini tentu saja tidak lahir tiba-tiba (tidak lahir dari ruang kosong) tetapi timbul dan menjadi karena beberapa alasan. Alasan yang paling dominan adalah alasan pendokumentasian bersama dalam satu wadah yang utuh di bidang puisi. Memang, untuk sementara, kami fokus dalam satu bidang/content yaitu puisi sebagai bagian dari karya sastra. Selanjutnya, bisa dikembangkan dengan sub-sub blog yang berisi cerpen, esai, kritik, dan macam-macam karya sastra lainnya yang dihasilkan oleh anak-anak Madura.

Keduanya, alasan kenapa kami (admin/pengelola) memilih APP-MI, lantaran banyaknya penyair-penyair Madura tampil namanya di berbagai koran, majalan, situs online setiap minggunya. APP-MI tentu saja bukan yang pertama melakkan ikhtiar atau upaya-upaya pendokumentasian terhadap puisi-puisi penyair Madura yang bertebaran itu. Mungkin pernah ada, namun tidak terawat dengan baik sehingga lenyap bersama lahirnya situs-situs online yang begitu membludak itu.

Dalam usianya yang belum genap setahun, sejak bulan Februari 2015, APP-MI telah berhasil mengumpulkan 50-an nama-nama penyair angkatan 60-an sampai yang paling mutakhir. Beberapa puisi yang berhasil dilacak dan dikumpulkan kemudian diklasifikasi, sampai saat ini hanya sebagian kecil saja yang diposting ke dalam APP-MI. Selanjutnya, dengan bertambahnya ide, kenirja, relawan, dan donasi, APP-MI akan lebih tekun, rajin, dan ketat dalam mencari, mengumpulkan, dan mempublikasikan di APP-MI.

Dari mana, kami mengumpulkan puisi-puisi penyair Madura yang begitu banyak dan akan terus lahir itu? Tentu saja dari koran-koran minggu yang terus di up date, majalah, jurnal, antologi puisi bersama, dan antologi puisi tunggal. Adanya koran-koran yang memiliki situs on line, tentu memudahkan kami dalam melakukan proses pencarian dan pengumpulan. Selain itu, kami juga memanfaatkan blog-blog pribadi milik para penyair madura, dari angkatan yang paling tua (yang terjangkah) sampai angkatan yang paling mutakhir.

APP-MI untuk sementara dikelola secara mandiri. Demi perbaikan dan pengembangan di masa yang akan datang, admin mengundang rekan-rekan di mana pun tempat bermukim untuk ambil bagian dalam melakukan pendokumentasian bersama di APP-MI.

APP-MI belum melakukan proses seleksi yang ketat dalam pemostingan puisi-puisi ke dalam blog. Semua puisi-puisi yang pernah dimuat di media cetak, buku, majalah, jurnal, situs online, bahkan blog, semua didokumentasikan dan dipublikasikan. Oleh sebab itu, apabila terdapat pihak yang merasa dirugikan oleh adanya APP-MI ini, kami tidak lepas tanggung jawab. Artinya, kami siap mempertanggung jawabkan apa yang kami lakukan bersama APP-MI ini.

Bagi para penyair yang merasa keberatan karya-karyanya didokumentasikan di APP-MI, kirimkanlah permintaan penghapusan pada kami, baik melalui email (Contact US) maupun langsung pada kolom komentar.

Terima kasih! Kritik dan saran sangat kami hargai dan kami prioritaskan. Sebab APP-MI merupakan wadah pendokumentasian yang dikelola masih secara mandiri.

Redaksi APP-MI
23 November 2015
loading...